Deretan Wisata Populer di Kota Pecel (Madiun)

Wisata di Madiun

Deretan Wisata Populer di Kota Pecel (Madiun) – Madiun merupakan Kabupaten yang terletak di Jawa Timur dan dikenal sebagai kota pecel. Selain itu, Madiun juga memiliki penyebutan kota gadis, kota pendekar, kota brem, dan kota kereta api. Ternyata tidak cukup satu untuk menamai “Madiun” ini. Selain terkenal kuliner pecelnya, Madiun juga memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata di Madiun menawarkan pengalaman yang berbeda dengan destinasi wisata di daerah lain. Kalian dapat menikmati keindahan alam yang asri, mempelajari sejarah, dan merasakan budaya Madiun yang kental.

Tempat wisata di Madiun didominasi oleh destinasi alam, seperti air terjun, hutan, dan pegunungan. Beberapa destinasi alam yang populer di Madiun seperti Hutan Pinus Nongko Ijo, Wana Wisata Grape, Gunung Wilis, dll. Selain itu, Madiun juga memiliki beberapa tempat wisata bersejarah, seperti Monumen Kresek. Tempat-tempat ini menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Madiun. Berikut deretan wisata popular di Kota Pecel (Madiun)

Deretan Wisata Populer di Kota Pecel (Madiun)

Monumen Kresek Madiun

Monumen Kresek merupakan tempat wisata bersejarah di Madiun yang dibangun untuk mengenang peristiwa pemberontakan PKI tahun 1948. Peristiwa ini dikenal sebagai Tragedi Madiun dan menelan banyak korban jiwa, termasuk anggota TNI, pamong desa, dan warga biasa.

Monumen ini terletak di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Lokasinya berjarak sekitar 8 kilometer dari Kota Madiun. Di dalam monumen, terdapat diorama dan relief yang menggambarkan peristiwa pemberontakan PKI. Peristiwa Madiun merupakan salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Peristiwa ini menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Pahlawan Street Center Madiun

Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi berkeliling dunia tanpa harus keluar negeri, Pahlawan Street Center di Kota Madiun adalah tempat yang tepat. Di sini, kalian dapat menemukan replika berbagai landmark populer dari berbagai negara, seperti Merlion ala Singapura, Ka’bah dan payung-payung hidrolik ala Makkah-Madinah, hingga Menara Eiffel ala Paris. 

Selain itu, di sepanjang jalan juga terdapat jalur pedestrian yang lebar dan nyaman untuk jalan-jalan, bangku untuk duduk santai sambil menyaksikan suasana kota, pusat perbelanjaan, dan juga beragam kedai yang menjual makanan enak. Pahlawan Street Center buka selama 24 jam dan tiket masuknya gratis. Lokasinya terletak di Jl. Pahlawan No.31, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun.

Sun City Waterpark Madiun

Ingin bermain air sepuasnya bersama keluarga dan teman? Suncity Waterpark di Madiun adalah tempat yang tepat. Taman rekreasi air ini memiliki berbagai wahana permainan air yang seru dan menantang, mulai dari kolam renang, seluncuran air, hingga kolam ombak.

Bagi kalian yang membawa anak-anak, Suncity Waterpark juga memiliki kolam khusus anak-anak dengan beragam wahana permainan yang aman dan menyenangkan. Suncity Waterpark terletak di Jalan S. Parman Nomor 2, Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Taman rekreasi air ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp40.000 per orang.

Pasar Pundensari Madiun

Pasar Pundensari merupakan salah satu tempat wisata di Madiun yang menawarkan pengalaman wisata kuliner tradisional yang unik. Di pasar ini, kalian dapat menemukan berbagai makanan khas Jawa zaman dulu. Uniknya, sistem pembayaran di Pasar Pundensari tidak menggunakan uang rupiah, melainkan token yang terbuat dari bambu. Token-token tersebut bisa ditukar di pintu masuk dan diberi warna berbeda yang setara dengan nominal tertentu. Hal ini menambah kesan tradisional pada pasar tersebut.

Selain menawarkan berbagai makanan tradisional, Pasar Pundensari juga menampilkan beragam pertunjukan tradisional, live music Jawa, dan kegiatan-kegiatan tradisional lainnya. Pasar Pundensari terletak di Jalan Golek, Desa Gunungsari, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Pasar ini hanya buka pada hari Minggu pukul 06.00-11.00 WIB. Harga tiket masuknya gratis.

Taman Wisata Gunung Kendil Madiun

Taman Wisata Gunung Kendil merupakan salah satu destinasi wisata alam di Madiun yang menawarkan pemandangan hutan, hamparan sawah, dan perbukitan yang menawan. Lokasinya berada di Desa Pilangrejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Taman wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya gratis. Kalian dapat menikmati keindahan alam Gunung Kendil dari gardu pandang yang tersedia. Dari gardu pandang, kalian dapat menyaksikan keindahan sunset yang memukau. Selain menikmati pemandangan alam, kalian juga dapat memancing di kolam pancing yang tersedia.

Gunung Wilis Madiun

Gunung Wilis merupakan salah satu gunung yang populer untuk didaki di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga tidak terlalu berat untuk didaki. Jalur pendakian Gunung Wilis yang paling populer adalah jalur Desa Bajulan, Kabupaten Madiun. Jalur ini memiliki pemandangan yang indah, mulai dari hutan pinus, perkebunan, hingga ilalang yang menjuntai mengelilingi gunung. Jalur lain bisa diambil adalah via Mojo Kediri, dan karena bisa dicapai melalui 2 jalur inilah Gunung Wilis juga menjadi salah satu wisata alam di kediri yang banyak diminati.

Menjadi salah satu gunung Jawa Timur dengan ketinggian di atas 2000 mdpl, tentunya gunung ini juga cocok untuk kalian para pemula yang ingin mulai mendaki gunung. Tapi jangan lupa, persiapan mendaki untuk pemula harus tetap diperhatikan dan dipersiapkan matang-matang. Jangan pernah meremehkan gunung ya.

Ilalang yang tumbuh di Gunung Wilis memiliki warna yang cerah, seperti kuning, jingga, dan merah. Pemandangan ilalang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki dan wisatawan. Selain untuk mendaki, Gunung Wilis juga cocok untuk camping. Di sekitar gunung terdapat beberapa tempat camping yang menawarkan pemandangan yang indah.

Madiun Umbul Square

Madiun Umbul Square merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang populer di Madiun. Tempat wisata ini menawarkan beragam wahana permainan seru, mulai dari roller coaster, kora-kora, bianglala, hingga kebun binatang mini. 

Koleksi satwa di kebun binatang mini tersebut cukup lengkap, mulai dari kera, rusa, ular, burung merak, hingga buaya. Selain itu, di Madiun Umbul Square juga terdapat beberapa peninggalan kebudayaan Hindu dan Buddha, yaitu berupa patung sapi dan sumber air belerang.

Tempat wisata ini berlokasi di desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Jaraknya sekitar 20 km dari Kota Madiun ke arah selatan. Madiun Umbul Square buka setiap hari mulai pukul 08.00-23.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp10.000 untuk hari kerja dan Rp15.000 untuk akhir pekan. 

Hutan Pinus Nongko Ijo Madiun

Hutan Pinus Nongko Ijo merupakan salah satu tempat wisata alam yang populer di Madiun. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang asri dan sejuk. Hutan Pinus Nongko Ijo terletak di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Jaraknya sekitar 30 km dari Kota Madiun.

Suasana di Hutan Pinus Nongko Ijo sangat nyaman. Pepohonan pinus yang menjulang tinggi membuat suasananya sejuk dan teduh. Selain itu, Hutan Pinus Nongko Ijo juga menawarkan berbagai spot foto yang menarik, seperti ayunan, gardu pandang, dan rumah pohon. Spot-spot foto ini dapat digunakan untuk berburu foto-foto yang instagramable. Hutan Pinus Nongko Ijo buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp2.000.

Wisata Alam Grape Madiun

Wana Wisata Grape merupakan salah satu tempat wisata alam yang populer di Madiun. Wana Wisata Grape terletak di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Jaraknya sekitar 13 km dari Kota Madiun. Di sekitar kawasan wisata ini terdapat sungai dengan aliran air yang jernih. Air tersebut berasal dari mata air pegunungan Dungus.

Selain keindahan alam, Wana Wisata Grape juga menawarkan berbagai aktivitas yang seru, seperti outbound, bersepeda, camping ground, dan taman bermain anak. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas dan sarana umum yang baik, seperti rest area, jogging track, aula pertemuan, rumah makan, dan penginapan. Wana Wisata Grape buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp3.000.

Itulah beberapa spot atau tempat wisata populer di kota pecel Madiun. Mulai dari wisata alam hingga wisata untuk keluarga tersedia di kota yang satu ini. Kalian sedang mencari destinasi untuk jalan-jalan di Jawa Timur? Madiun bisa menjadi salah satu pilihan yang tidak akan terlupakan.

Scroll to Top